Megadeth.com

Sabtu, 28 Juli 2012

Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto

Ruas tol surabaya mojokerto adalah salah satu ruas dari proyek jalan tol trans jawa, dan tidak dapat dipungkiri pembangunan jalan tol trans jawa dari cikampek, Jawa barat sampai surabaya. Jawa timur dianggap dianggap sebagai kunci bagi pertumbuhan ekonomi dipulau jawa khususnya daerah industri.

 Para perencana dan pengambil keputusan menganggap bahwa dengan kondisi prasarana transportasi sekarang, khususnya jalan raya, tidak mendukung perkembangan daerah industri untuk bersaing global.
Kondisi jalan raya saat ini dianggap sebagai penghambat daya saing daerah industri dipulau jawa. Apakah pembangunan jalan tol Trans-jawa merupakan solusi terbaik bagi pertumbuhan ekonomi di pulau jawa?.

Seiring dengan jalannya waktu dan meningkatnya perekonomian pendukduk kota Surabaya dan sekitarnya, kota – kota di Jawa Timur terutama yang dekat dengan kota Surabaya terkena pengaruh perkembangan kota sedikit demi sedikit beranjak meningkat pada sektor ekonomi, karena diakibatkan oleh pertumbuhan ekonomi global secara internasional/global.

Dalam kurun dua dasa-warsa terakhir ini peningkatan perekonomian Jawa Timur menjadi pesat, terutama dikota – kota di kabupaten Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Mojokerto dan Lamongan. Peningkatan perekonomian ini dikarenakan oleh tumbuhnya industri didaerah-daerah tersebut.

 Hal ini diiringi oleh peningkatan pemukiman penduduk pada daerah-daerah sekitar kota-kota tersebut diatas.

Dengan adanya hal tersebut maka, secara simultan peningkatan lalu lintas kendaraan yang melalui jaringan jalan, juga menjadi sangat padat hingga melampaui kemampuan kelas jalan yang tersedia, walau Bina Marga secara periodik telah meningkatkan kelas serta kemampuan jalan yang ada.

Pemerintah daerah dalam hal ini Badan Pengelola Jalan Tol (B.P.J.T.) dengan seksama selalu mengamati hal tersebut, sehingga menurut hasil survey disimpulkan perlunya Pembangunan Jalan Tol disekitar kota Surabaya, salah satunya adalah Ruas Jalan Tol Surabaya – Mojokerto ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar